Skip to main content

Mengenal CMS Drupal


Sudah cukup banyak web Content Management System (CMS) berbasis open source yang dikembangkan sampai saat ini. Beberapa yang kita kenal misalnya Joomla, Mambo, WordPress, dan CMS lokal AuraCMS. Kini kita akan mengenal satu lagi CMS yang cukup powerfull untuk digunakan membangun website. CMS ini bernama Drupal.
Drupal mulai dikembangkan pada tahun 1999 oleh lelaki Belgia bernama Dries Buytaert. Sama seperti kebanyakan CMS open source lainnya, Drupal mulai dikembangkan oleh sebuah komunitas kecil. Semula mereka menamakan website mereka Drop.org. Kemudian ketika dirilis secara resmi pada tahun 2001, Dries menamakan teknologi web mereka Drupal yang merupakan kata serapan bahasa Inggris dalam bahasa Belanda yang berarti “tetesan”. Nama ini juga menginspirasi logo mereka berupa sesosok wajah yang dibentuk dari tetesan air lengkap dengan mata, hidung, dan senyuman yang optimis.
Drupal ditulis dalam bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan MySQL atau PostgreSQL sebagai databasenya. Sejak versi terbarunya (7.0) Drupal mulai support dengan fasilitas database lainnya seperti MarinaDB.
CMS ini terkenal sangat ringan dan dinamis. File instalasinya hanya sebesar 1,1 Mb. Namun setelah instalasi kita akan tertarik untuk menambahkan beberapa modul pelengkap yang menyebabkan file instalasinya menjadi besar. Modul-modul ini yang akan membantu kita membangun website berbasis Drupal dengan berbagai macam bentuk misalnya personal blog, forum, web e-commerce, web komunitas, sampai multisite.
Setiap konten yang dibuat oleh user (user generated content) selalu disimpan dalam “node”. Di sinilah kunci fleksibilitas Drupal. Bagi web desainer pasti tidak akan percaya betapa mudahnya mengatur tampilan konten di dalam Drupal. Untuk memahami alur tampilannya bisa dilihat di bawah ini.


Source : http://www.drupal.org/

Comments

Popular posts from this blog

Koleksi lagu Papua Rio Grime

Lagu lagu ini paling familiar di telinga saya karena waktu SD dulu bapa sering putar, dan RRI sorong juga sering putar lagu lagu ini menjelang sore, maklum hidup jauh dari kebisingan kota, jauh di sebuah pulau kecil di kepulauan Raja Ampat membuat suasana begitu nyaman apalagi sambil bakar ikan baru dengar lagu lagu ini,...boohh pokoknya mantap sudah. Kalau mau download..Silahkan.!! Kalau linknya error coba search saja di Google. 1. Rio Grime-Mamompadi.mp3 2. Rio Grime-Ani Ani.mp3 3. Rio Grime-Awino Supinema.mp3 5. Rio-Grime-ISaki.mp3 6. Rio Grime Taman Bunga 7. Rio Grime-Insose.mp3 8. Rio-Grime-Irsinggit.mp3 9. Rio Grime Wayawai Windawe.mp3 10. Rio Grime Sio Firumo.mp3

One Direction mp3 Playlist

One Direction - Stole My Heart One Direction - Moments One Direction - What-makes you-beautiful One Direction - Tell me a Lie One-Direction - One-Thing One Direction - Another World One Direction - More Than This One Direction - I Should Have Kissed You  One Direction - I Wish One Direction - Up All Night One Direction - Stand Up One Direction - Save You Tonight (Live) One Direction - Everything About You (Live)  One Direction - I Want (Live) One Direction - Na Na Na One Direction - Gotta Be You (2012 US Version)